Teks Khutbah Idul Fitri yang Mengharukan: Ramadhan Meninggalkan Kita

Teks Khutbah Idul Fitri yang Mengharukan: Ramadhan Meninggalkan Kita

أَيُّهَا النَّاسُ، إِتَّقُوْا اللهَ حَقَّ تُقاَتِهِ وَلاَتَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ

Jamaa'ah Idul Fitri Yang Berbahagia

Puji dan syukur yang sedalam-dalamnya, dengan penuh perasaan gembira dan khusuk, kita sanjungkan kehadirat Allah SWT. Tuhan yang telah memanjangkan usia kita, sehingga di pagi yang ceria ini kita dapat berkumpul bershaf-shaf memenuhi tempat yang berkah ini.

Fajar tanggal 1 Syawal 1439 H telah menyingsing di ufuk timur, pada saat ini kita berada pada hari yang agung, pada hari ini pula Allah SWT memperlihatkan kemuliaan dan keagungannya, dimana seluruh umat di segenap penjuru dunia, bersedia untuk bangkit secara serentak menggemakan dan mengumandangkan takbir, tahlil dan tahmid. Pengumandangan tersebut merupakan realisasi rasa syukur, sebagai ungkapan kesadaran, kalimat keyakinan, serta merupakan panji-panji kemenangan dan kejayaan umat Islam.
https://aang-zaenal-alfian.blogspot.com/2018/05/teks-khutbah-idul-fitri-yang-mengharukan.html

Jamaa'ah Idul Fitri Yang Berbahagia

Dalam suasana hati yang penuh kegembiraan ini, dengan segala kebahagian yang terasa, dengan segala luar biasa yang sukar dibayangkan, oleh gemuruh takbir kemenangan yang menggema diragat raya, meliputi seluruh angkasa raya, menggelora ke dalam jiwa, hingga berdirilah bulu-bulu roma ini. Marilah sejenak kita melakukan perenungan pada hakikat makna ibadah yang telah kita lalui bersama, pada nuansa hati yang tak terkendali ini ........

Baca Juga=>Teks Khutbah Idul Fitri Quraish Shihab: Berkelompok dan Berbeda

Mari kita merenung dan membuka mata hati kita yang paling dalam. Benarkah, selama sebulan lamanya kita telah menjalankan ibadah puasa, dengan penuh keta’atan dan kepatuhan, hanya mengharap ridh-Nya, sebagai bukti meningkatnya kualitas ketaqwaan kita kepada Allah SWT. ... .. ? Sebagaimana maksud dicanangkannya puasa itu sendiri;

يآايّها الّذين أمنوا كتب عليكم الصّيام كما كتب على الّذين من قبلكم لعلّكم تتّقون

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman, telah diwajibkan atas kalian semua berpuasa, sebagaimana ia diwajibkan kepada orang-orang sebelum kalian, mudah-mudahan kalian semua bertaqwa.” (Qs. Al Baqarah : 183)

Baca Juga=>Khutbah Jumat Bulan Syawal Singkat: Peningkatan Makna Syawal

Betulkah, kita semua telah lulus dalam menghadapi ujian berpuasa sebulan penuh lamanya, membendung dan menyingkirkan segala godaan dan nafsu angkara murka .......? ataukah kita tidak pernah puasa dan sholat terawih???
Berhasilkah kita membersihkan iman, dari bintik-bintik kemaksiatan, kemunafikan, dan kemungkaran serta benci dengan orang lain.......?
Berapa kalikah kita Sholat Terawih? atau kita hanya sholat diawal dan diakhir Ramadhon atau bahkan kita tidak pernah sama sekali sholat terawih…?
Benarkah kita sudah mengikuti larangan/perintah puasa, padahal dihati kita selalu menghina dan mencaci orang lain?

Baca Juga=>Khutbah Jumat Tradisional dan Khutbah Jumat Moderen

Hari ini Ramadhan telah berlalu, meninggalkan kita ...., bulan suci, bulan yang penuh rahmat dan maghfiroh, bulan pengampunan, apakah kita sedih dan menangis atau bahkan kita senang karena tidak berpuasa lagi?? Pernahkah kita berpikir bila tahun depan kita tidak bisa ikut puasa lagi dan mati? Tidak ada yang menjamin hidup kita sampai dimana atau mungkin setelah sholat Id ini kita mati??
Hari ini hari bersuka ria. Namun adakah suka ria kita sedang mensyukuri kemenangan atas setan dan melawan hawa nafsu ........?.

Dan Benarkah tahun depan kita bisa berpuasa lagi dan sholat ID bersama lagi seperti ini, ataukah kita sudah didalam kubur, bersama cacing-cacing dan hanya mengunakan kain kafan atau bahkan kita sudah membusuk dimakan cacing dan belatung?

Ya Allah Hari ini kami lihat disekeling shop-shop sholat, tahun kemaren mereka masih ada bersama kami dan sekarang telah mendahuli menghadapMU, Ya..Robb..hamba memohon agar kiranya kami bisa melaksanakan puasa tahun depan karena kepadaMUlah kami memohon.

Ya..Robbi ...! Rasanya puasa kami hampa, jiwa ini miskin tak berarti apa, bahkan diri ini bergelimang noda dan dosa. Maka hanya rahmat dan maghfirahmu Ya Allah yang kami meminta, kami ibarat setetes embun dalam lautan keagunganmu ........

Jamaa'ah Idul Fitri Yang Berbahagia

Kaum muslimin memang berhak bergembira pada hari ini ketika berbuka dan lebaran tiba, namun kegembiraan kita diperintahkan untuk masuk ke dalam agama Islam secara kafah sebagaimana firman Allah:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا ادْخُلُوا فِي السِّلْمِ كَافَّةً وَلَا تَتَّبِعُوا خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُبِينٌ

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman masuklah kalian semua ke dalam Islam secara penuh.” (Qs. Al-Baqarah : 208)

Kegembiraan kaum muslimin atas datangnya lebaran ini tentunya menjadi hak milik bagi mereka yang telah dapat merampungkan kewajiban melaksanakan ibadah puasa Ramadhannya dengan penuh keikhlasan dan melaksanakan ibadah semata-mata karena mengharap ridhoNya, disamping kita telah berhasil pula meraih pahala, dan dosa-dosa kita yang telah lewat diampuni oleh Allah SWT bukan bagi orang-orang yang tidak puasa tanpa halangan yang syar’i sebab mereka itu hanya meramaikan saja pada hari raya Idhul Fitri ini, sebagaimana di jamin sendiri oleh Rasulullah SAW sendiri lewat sebuah haditsnya:

من صام رمضان ايمانا واحتسابا غفر له ما تقدّم من ذنبه

Artinya: “Barang siapa telah melaksanakan puasa Ramadhan karena iman dan mengharap pahala Allah, maka diampunilah dosa-dosanya yang telah lalu.

Jamaa'ah Idul Fitri Yang Berbahagia

Dihari bahagia ini mari kita melihat kedepan dan memikirkan generasi kita yang akan datang, bisa kita lihat sekarang dan dapat kita rasakan, apabilah kita mengajak kebaikan kadang kalah ada saja orang yang meremehkan dan bahkan mencela, tetapi bila diadakan orgen tunggal walau tidak diundang banyak yang datang apalagi bila diundang dan tahan sokongan untuk menambah jam tayang sampai malam harinya, dan pernahkah kita terbayang bila Ulama’ Ustd sudah meninggal siapa yang akan jadi penerus mereka2 itu, bila pemuda kita tidak mau peduli dengan Islam atau mereka tidak mau belajar, apakah kita tidak terpikir siapa yang akan jadi Khotib setiap jum’at, siapakah yang akan memimpin imam terawih, siapakah yang akan memandikan jenazah, siapakah akan memimpin yasinan, dan siapakah yang akan memimpin syukuran? Pernahkah kita berpikir? Ketika orang meninggal, siapakah yang akan memandikan, mengkapani, menguburkan, apa bila mereka ulama’, ustadz, tidak ada lagi dan tidak ada pengantinya. Mari kita sama-sama berbikir dan intropeksi diri masing masing.

Dan yang paling menyedihkan dari data yang  himpun, dari 100 remaja, 51 remaja perempuannya sudah tidak lagi perawan," ungkap Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sugiri Syarief kepada sejumlah media dalam Grand Final Kontes Rap dalam memperingati Hari AIDS sedunia di lapangan parkir IRTI Monas, Minggu (28/11/2010). Selain di Jabodetabek, ujar Sugiri, data yang sama juga diperoleh di wilayah lain di Indonesia. Ia menyebutkan bahwa di Surabaya, remaja perempuan lajang yang kegadisannya sudah hilang mencapai 54 persen, di Medan 52 persen, Bandung 47 persen, dan Yogyakarta 37 persen. Menurutnya, data ini dikumpulkan BKKBN selama kurun waktu 2010 saja. Bagaimanakah keadaan palembang, kayu agung dan data terakhir yang saya ambil dari sebuah sekolah palembang dari 9 anak kelas 2 smp semuanya sudah pernah menonton video porn.

Jamaa'ah Idul Fitri Yang Berbahagia

Tidak kah kita takut? Mau kemana para remaja kita? Bukankah ini sebuah proses menuju kehancuran??? Sejarah umat manusia membuktikan, hancurnya sebuah bangsa dan peradaban bermula dari rusaknya moral di kalangan pemudanya, kemudian masyarakatnya, kemudian para pemimpinnya. Terkadang banyak orang yang salah bila hewan ternaknya tidak pulang waktu maghrib itu dicari sampai ketemu tetapi bila ada anak perempuan tidak pulang sampai larut malam dibiarkan saja tanpa khuwatir dan peduli, semoga kita tidak termasuk orang yang demikian amin.

Wahai saudara-saudaraku, kita adalah pemudah harapan orang tua, dan masyarakat kita, jangan takut untuk maju dan membagun, belajar demi kebaikan sebab Allah selalu bersama kita dan banyak contoh nabi-nabi yang diutus oleh Allah dalam usia muda. Seperti Nabi Sulaiman, Nabi Ibrahim, Nabi Yusuf, Nabi Ismail, Nabi Musa, dan masih banyak Nabi-nabi lain yang diutus untuk mengadakan suatu terobosan dan perubahan pada umatnya masing-masing. Banyaknya Nabi-nabi yang diutus dalam usia muda tersebut bisa kita ambil hikmahnya. Hikmah itu adalah bahwasannya suatu perubahan akan maksimal jika dikomandoi oleh pemuda sebab pemuda itulah yang kelak akan menjadi pemimpin perubahan dalam setiap putaran zaman.

Jamaa'ah Idul Fitri Yang Berbahagia

Semoga Apapun dan bagaimanapun bentuk puasa yang telah kita lakukan, berapapun nilai yang telah Allah Ta’ala berikan atas puasa kita dengan segala kesempurnaan rahmat dan anugerahNya, untuk lebih menjamin keyakinan keberhasilan perjuangan kita di bulan puasa, dan Allah SWT masih memberi kesempatan kepada kita untuk puasa tahun yang akan datang. Dan pada akhir puasa ini kita diberi kesempatan mengeluarkan sebagian dari bahan makanan kita untuk saudara-saudara kita yng berhak menerimanya lewat zakat fitrah di samping makna solidaritas yang terkandung di dalam zakat fitrah itu, sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud, zakat fitrah itu berfungsi untuk membersihkan orang yang berpuasa dari keterlanjurannya beromong kosong dan berkata buruk saat berpuasa, bahkan menurut hadits riwayat Abu Hafsih Bin Shaahin, puasa Ramadhan bergantung antara langit-langit dan bumi dan hanya zakat fitrahlah yang dapat menaikkannya ke atas. Kewajiban membayar zakat fitrah ini – menurut Imam Al Syafi’i RA, di fardlukan kepada setiap muslim yang merdeka atau hamba yang memiliki kelebihan bahan makanan di malam dan hari lebarannya, juga pakaian dan tempat tinggal yang layak bagi semua keluarga yang menjadi tanggung jawab nafaqahnya. Adapun tentang waktu wajibnya adalah sejak tenggelamnya mata hari di hari terakhir bulan suci Ramadhan, dan boleh saja membayarkan zakat fitrah sejak telah masuknya bulan suci Ramadlan sampai sebelum Sholat Id.

Mudah-mudahan zakat fitrah kita, dapat menyempurnakan ibadah puasa, sehingga Allah mengampuni kita, merahmati kita, dan membebaskan kita dari api neraka. Dan semoga Allah masih menganugerahkan kekuatan kepada kita untuk dapat melengkapi ganjaran ibadah puasa itu dengan kesediaan kita nantinya, untuk puasa Ramadlan kita yang telah berlalu dengan mengiringinya berpuasa selama enam hari di bulan Syawal ini.

Jamaa'ah Idul Fitri Yang Berbahagia

Apa selanjutnya aktifitas paling utama dilakukan sekembali kita dari shalat idul fitri ini ? yaitu menjaga ibadah kita sama seperti bulan romadhan atau bahkan lebih baik lagi, dan jangan sampai setelah puasa kita kembali lagi atau bahkan lebih buruk dari apa yang kita lakukan sebelumnya. Naudzubillah...

Setelah berpuasa dan beribadah selama sebulan penuh di bulan Ramadhan dengan niat ikhlas hanya memcari ridho Allah SWT, dan kita telah mensempurnakan dengan mengeluarkan zakat fitrah, dosa-dosa kitapun diampuni. Namun seperti kita ketahui, dosa yang diampuni itu, hanyalah dosa yang berhubungan langsung dengan Allah. Sementara masih ada dosa lain yang berkaitan dengan sesama kita, antar kita, dimana ampunan Allah bergantung pada pema’afan masing-masing kita yang bersangkutan. Oleh karenanya untuk menyempurnakan kesucian ini, setelah shalat Idul Fitri kita sama-sama meminta maaf dan memaafkan segala kesalahan orang lain.

Dengan demikian pada lebaran kali ini, diharapkan semua macam dosa apapun musnah dan kita kembali sebagaimana fitrah, suci tanpa secuil dosa bagaikan seorang bayi yang baru dilahirkan dari rahim ibu kandungnya. Tidakkah kita tak ingin menjadi pailit/bangkrut kelak di hari kemudian? Seperti digambarkan oleh Rasulullah SAW dalam hadistnya :
Artinya: “Tahukah kalian semua, siapakah orang yang bangkrut itu? Tanya Rasulullah kepada para sahabatnya – merekapun menjawab: orang yang bangkrut menurut kita adalah mereka yang tidak memiliki uang dan harta benda yang tersisa.” Kemudian Rasulullah menyampaikan sabdanya: “Orang yang benar-benar pailit/bangrut diantara umatku ialah orang yang di hari kiamat dengan membawa pahala shalat, puasa dan zakat; tapi (sementara itu) datanglah orang-orang yang menuntutnya, karena ketika (di dunia) ia mencaci ini, menuduh itu, memakan harta si ini, melukai si itu, dan memukul si ini. Maka di berikanlah pahala-pahala kebaikannya kepada si A dan B serta yang lainnya. Jika ternyata pahala-pahala kebaikannya habis sebelum dipenuhi apa yang menjadi tanggungannya, maka diambillah dosa-dosa mereka (yang pernah di dzaliminya) dan ditimpakan kepadanya. Kemudian dicampakkanlah ia ke api neraka.” Naudzubillah ...... ! (HR. Muslim dari Abu Hurairah)

Ternyata mulut, tangan, kaki, perut dan anggota tubuh kita yang biasa kita gunakan untuk beribadah, bersujud, berdzikir, berpuasa, memberikan zakat, dapat membuat kita pailit/bangkerut kelak. Tidak hanya menghabiskan modal pahala yang kita tumpuk sepanjang umur kita tapi bahkan dapat menarik kepada kita kerugian orang lain. Ini semua tentunya gara-gara kita terlalu meremehkan dosa dan kesalahan terhadap sesama. Oleh karenanya, apabila kita memuliakan Allah SWT maka termasuk yang dimuliakan Allah ialah manusia jadi kita sama-sama menghormati satu sama lain.

Jamaa'ah Idul Fitri Yang Berbahagia

Akhirnya, marilah kita ucapkan permohonan maaf kepada diri kita sendiri, sebelum kita meminta maaf kepada orang-tua, keluarga dan guru-guru kita, juga sahabat-sahabat kita:                                                                    
1. Selamat Idul Fitri, wahai MATA Maafkanlah aku, selama ini kau hanya Kugunakan melihat kilau kekurangan orang lain serta dosa orang lain tetapi, aku butakan matamu bila melihat kekurangku dan dosaku.
                                                                            
2. Selamat Idul Fitri, wahai TELINGA Maafkanlah aku, selama ini kau hanya Kusumpali rongsokan-rongsokan kata-kata yang kotor dan gossip-gosip yang mencelah orang lain dan engkau kumekarkan bila untuk membisikan keburukan dan menghina serta meremekan menghina orang lain.
                                           
3. Selamat Idul Fitri, wahai MULUT Maafkanlah aku, selama ini Kau hanya kujejali dan kubuat memuntahkan kotoran-kotoran hanya bisa membicarakan orang lain, menghina, melecehkan dan mencemooh orang lain dan yang mana saya belum tentu bisa atau bahkan saya lebih hina dari orang yang aku hina dan aku remehkan.
             
4. Selamat Idul Fitri, wahai TANGAN Maafkanlah aku, selama ini kau hanya kugunakan untuk memegang botol minuman, stik dan kartu judi, tetapi aku putuskan tangan bila untuk mengangkat tangan untuk beribadah kepadaMu dan
                        
5. Selamat Idul Fitri, wahai KAKI Maafkanlah aku, selama ini kau hanya kuajak untuk menontong orgen, main berliar dan malas untuk melangkahkan kaki kedalam masjid.

Wahai Allah Yang Maha Agung,
Ampunilah seluruh dosa kami
Tutupi dan hapuskan segala aib dan kesalahan kami
Dan berikan kepada kami kesanggupan untuk mengubah dan memperbaiki diri menjadi lebih baik
Kurniakanlah kepada kami akhlak yang mulia
Peribadi yang indah dan terpelihara
Ya Allah,
Kurniakanlah kepada kami ketenangan hati,
kedamaian hati,
kebeningan dan kebersihan hati,
ketenteraman jiwa
kesegaran berfikir dan ingatan yang tajam
Usir dan buanglah segala kegelisihan, kekhawatiran, ketakutan, kecemasan dan kesedihan dalam hati dan jiwa kami.
Jadikan hati kami tenteram, tenang, dan damai dengan mengingat-Mu
Berharap dan bergantung hanya kepada-Mu
Wahai Pemilik dan Penguasa Segala Hati,
Kurniakanlah kepada kami hati yang bening dan bersih
Hati yang suci, tulus dan ikhlas. amiin.

“Ya Allah, saya memohon kepada-Mu, rahmat dari sisi-Mu. Dengan rahmat-Mu Engkau menerangi hatiku. Dengan rahmat-Mu Engkau mengumpulkan dan memudahkan urusanku. Dengan rahmat-Mu Engkau balikkan sesuatu yang tiada dariku. Dengan rahmat-Mu Engkau Angkat kesaksianku. Dengan rahmat-Mu Engkau sucikan amalku. Dengan rahmat-Mu Engkau ilhamkan kedewasaanku. Dengan rahmat-Mu Engkau kembalikan sesuatu yang hilang dariku. Dengan rahmat-Mu Engkau jaga aku dari segala keburukan.”

“Ya Allah, karuniakan kepadaku keimanan dan keyakinan yang tidak ada kekufuran lagi setelahnya. Ya Allah karuniakan kepadaku rahmat, yang dengannya aku memperoleh kemulyaan-Mu, di dunia dan di akhirat. Ya Allah, saya mohon kepada-Mu keberhasilan dan keberuntungan dalam takdir. Predikat orang-orang syahid. Kehidupan yang bahagia. Dan pertolongan dalam menghadapi musuh.”Allah, menjadikan Al Qur’an sebagai pelita hatiku. Sebagai cahaya bagi dadaku. Sebagai penawar kegelisahanku. Sebagai penghalau kegundahanku.”

Ibu, ayah hari ini ku sangat merindukanmu entah kenapa kuslalu ingat dengan mu
Ibu, ayah berilah aku penawar rindu pada batin ku inikarna rasa rindu sudah tak tertahan lagi
Ibu,ayah kapan kah engkakau hadir dalam mimpiku?pertanyaan yang tak kanpernah terjawab sampai kapan pun
Ibu,ayah aku selalu mendoakan mu setiap nafas dan sholat ku semoga allah dapat mempertemukan kita di akhirat nanti aku berharap kita dapat berkumpul disurga bersama-sama lagi sebagai mana kita bisa berkumpul dirumahkapan dan dimana pun aku akan sayang dan cinta kepada mu

Ya Allah, rendahkanlah suaraku bagi mereka,
Perindahlah ucapanku di depan mereka.
Lunakkanlah watakku terhadap mereka dan
Lembutkanlah hatiku untuk mereka.

Ya Allah, berilah mereka balasan yang sebaik-baiknya
atas didikan mereka padaku dan Pahala yang besar
atas kesayangan yang Mereka limpahkan padaku,
Peliharalah mereka Sebagaimana mereka memeliharaku.

Ya Allah, apa saja gangguan yang telah mereka rasakan,
atau kesusahan yang mereka derita karena aku,
atau hilangnya sesuatu hak mereka karena perbuatanku,
jadikanlah itu semua penyebab runtuhnya dosa-dosa mereka,
meningginya kedudukan mereka dan bertambahnya pahala kebaikan mereka
dengan perkenan-Mu, ya Allah
sebab hanya Engkaulah yang berhak membalas kejahatan dengan kebaikan berlipat ganda.

Ya Allah, bila magfirah-Mu telah mencapai mereka sebelumku,
izinkanlah mereka memberi syafa'at untukku.
Tetapi jika magfirah-Mu lebih dahulu mencapai diriku,
maka izinkahlah aku memberi syafa'at untuk mereka,
sehingga kami semua berkumpul bersama dengan santunan-Mu
di tempat kediaman yang dinaungi kemulian-Mu, ampunan-Mu serta rahmat-Mu.

Sesungguhnya Engkaulah yang memiliki Kurnia Maha Agung,
serta anugerah yang tak berakhir
dan Engkaulah yang Maha Pengasih Di antara semua pengasih.

Ya Allah,..Duhai zat yang mendetakkan jantung ini,.
Duhai zat yang selalu memberikan makan kepada hamba-hambanya,
Duhai yang memberikan air yang sejuk di kala kami dahaga,
Duhai yang mengaruniakan kantuk di kala kami lelah,
Duhai yang selalu menjaga dan mengurus diri ini di kala kami tertidur, Hanya Engkaulah Yang Maha Agung.. hanya Engkaulah Yang Maha Kuasa..

Ya Allah, betapapun kami menghianatiMu setiap waktu tapi tiada suatu saat pun terputus Engkau memberi nikmat kepada kami,.
Ya Allah jadikanlah hari ini menjadi hari ampunan bagi segala kebusukan kami.
Penghapus bagi seluruh dosa-dosa kami, hari dimana Engkau singkapkan tabir dari hati kami, hari dimana Engkau gantikan segala kegelapan dengan cahaya ilahiyahMu di qolbu ini.

Ya 'Afuw ya ghafur..
ampuni kami… Engkau Yang maha mengerti tentang kami..
tubuh kami kotor penuh dosa, hidup kami berseliMut aib.. kini kami berada di hadapanMu… Ampuni yaa Allah sebusuk apapun masa lalu yang pernah kami lalui .. Ampuni sebanyak apapun dosa-dosa yang meluMuri tubuh ini.. Hapuskan yaa Allah sekelam apapun masa lalu kami..
Ya Allah.. Duhai zat Yang maha Pengampun .. kami datang padaMu…

Ya Allah, kami ingin hidup kami berubah, gantikan segala kebusukan kami menjadi kesucian dalam pandanganMu. gantikan segala kegelapan dengan cahayaMu.. gantikan segala kedzaliman kami menjadi hidayah taufikMu.. gantikan Ya Allah… Ampuni dan selamatkan kami, ibu bapak kami yaa Allah, anak-anak kami, dari segala bala hidup ini..

Ya Allah, kami ingin merasakan indahnya hidup dekat denganMu,
Kami ingin hari-hari yang tersisa ini menjadi hari-hari yang selalu akrab bersamaMu, kami lelah jauh dariMu ya Allah , kami tidak ingin terpuruk dan terhina karena tenggelam dalam kesesatan.
Berikan kepada kami keMudahan, untuk mengenalMu Ya Allah,.
Berikan kepada kami jalan untuk mendekat kepadaMu,.
Jadikan kami orang-orang yang selalu merasakan kehangatan dan kasih sayangMu.

Ya Allah jadikan sujud kami menjadi sujud yang penuh nikmat KepadaMu,.
Jadikan shedaqah kami menjadi jalan yang membuat kami akrab denganMu,.
Jadikan amal-amal kami sebagai amal-amal yang tulus hanya karenaMu,.
Ya Allah jangan biarkan kesibukkan dunia membutakan hati kami,...
Jangan biarkan pangkat dan jabatan, menjeruMuskan kami,...
Jangan biarkan hawa nafsu membuat kami terperosok dalam maksiat,..

Ampuni Ya Allah..kami para suami yang telah mendzalimi istri-istri kami.. juga ampuni para istri yang kurang dapat melayani keluarganya. Ampuni jikalau kami salah mendidik keluarga dan anak-anak kami Ya Allah..
Utuhkan kami di dunia.. utuhkan kami di surgaMu
Ya Allah.. Selamatkan anak-anak kami, Muliakan akhlaknya .. kuatkan imannya.., berilah mereka yang lebih baik daripada yang kami dapatkan, jadikan mereka hamba-hamba yang Kau banggakan di singgasanaMu yg tinggi itu.

Duhai Allah yang maha Agung
Karuniakanlah kepada kami keindahan Akhlak,
Kelembutan hati, kesejukan qalbu
Pancarkan dari diri kami, keindahan agamaMu ya Allah
Pancarkan dari pribadi diri kami, keagungan agamaMu ya Allah
Jadikan, kehadiran kami di manapun menjadi cahaya bagi ummatMu,
Jadikan, kehadiran kami di manapun menjadi penyejuk bagi ummatMu,
menjadi penggelora semangat bagi hamba-hambaMu..

Ya Allah cegahlah kami dari segala godaan yang menggelincirkan
Lindungilah kami dari tipu daya setan yang menyesatkan
Lindungi kami dari segala sifat Munafiq, ya Allah
Lindungi kami dari segala keMusyrikan
dan lindungi kami dari perbuatan apa pun yang akan menjadi contoh buruk bagi ummatMu

Ya Allah Engkau adalah tujuan kami
Engkau adalah tumpuan harapan kami
Engkau adalah dambaan hati kami
Karuniakan kami kesempatan memperbaiki diri, Ya Allah
Ya Allah jadikanlah kami para pemimpin yang dapat menjadi
contoh kebaikan dan kemuliaan bagi sebanyak-banyaknya umatMu..

Ya Allah, berikan ketaqwaan kepada jiwa-jiwa kami dan sucikanlah kami.
Engkaulah sebaik-baik yang mensucikannya.
Engkau Pencipta dan Pelindungnya
Ya Allah, perbaiki hubungan antar kami
Rukunkan antar hati kami
Tunjuki kami jalan keselamatan
Selamatkan kami dari kegelapan dg cahaya rububiyahMu
ya Allah.. Jangan Engkau tanamkan di hati kami kesombongan dan kekasaran terhadap sesama hamba yang beriman
Bersihkan hati kami dari benih-benih perpecahan, pengkhianatan dan kedengkian

Ya Allah, wahai yang memudahkan segala yang sukar
Wahai yang menyambung segala yang patah
Wahai yang menemani semua yang tersendiri
Wahai yang mengamankan semua yang takut
Wahai penguat segala yang lemah
Mudah bagiMu melancarkan segala yang susah
Engkau Maha Tahu dan melihatnya

Ya Allah, wahai zat yang Maha Mendengar, sayangilah kami, Berkahi sisa uMur kami ini,
Jadikan uMur yang tersisa ini membawa maslahat bagi orang tua kami, bagi keluarga kami, dan bagi sebanyak-banyakNya umat Mu di bumi ini,

Ya Allah hanya engkaulah Tempat kembali kami.. hanya engkaulah Yang Maha Tahu sisa uMur kami.. berikan kesempatan bagi kami Ya Allah… mempersembahkan yang terbaik bagi keluarga kami, masyarakat kami, bangsa kami, dan utamanya bagi agamaMu yang lurus..

Ya Allah, limpahkanlah Hidayah dan TaufikMu yaa Allah… jadikan kami hamba-hamba yg shalih hingga akhir hayat kami.. Jadikan akhir hayatnya khusnul khatimah.. Lapangkan kubur kami kelak, Jadikan kami ahli surgaMu.

Ya Allah berilah kami rasa takut pada-Mu hingga kami menjauh dari maksiat Ya Allah, berilah kami nikmat taat pada-Mu yang mengantarkan kami menuju surga-Mu Tanamkanlah dalam qalbu kami keyakinan yang meringankan kami menghadapi ujian dunia Jadikanlah pendengaran, penglihatan dan kekuatan kami kenikmatan hidup yang Engkau. berikan di dunia, dan jadikanlah sebagai pusaka yang kami wariskan bagi generasi penerus. Ya Allah, arahkanlah perlawanan kami atas orang yang menzalimi kami. Tolonglah kami dalam menghadapi orang yang memusuhi kami. Janganlah Engkau biarkan kami terkena musibat dalam urusan agama kami. Janganlah Engkau biarkan kami sibuk dengan urusan dunia. Janganlah Engkau biarkan kami merasa cukup dengan ilmu yang ada. Dan janganlah Engkau berikan kekuasaan kepada orang-orang yang tidak menyayangi kami.

Ya Allah berilah kami rasa takut pada-Mu hingga kami menjauh dari maksiat Ya Allah, Ya Allah hanya dengan takut pada-Mu kami akan dapat menghidar dari perbuatan maksiat, maka tanankanlah dalam qalbu kami rasa takut hanya pada-Mu.
Ya Allah, berilah kami nikmat taat pada-Mu yang mengantarkan kami menuju surga-Mu.
Ya Allah, telah Engkau sediakan surga bagi orang-orang yang Engkau cintai, berilah kami nikmat ibadah dan taat yang mengantarkan kami mendapat cinta-Mu hingga Engkau masukan kami dengan rahmatMu kedalam surga. Tanamkanlah dalam qalbu kami keyakinan yang meringankan kami menghadapi ujian dunia.
Ya Allah kami menyadari bahwa kehidupan dunia tidak pernah lepas dari ujian, baik ujian yang pahit ataupun yang manis.
Ya Allah tanamkanlah kedalam qalbu kami keyakinan bahwa Engkau senantiasa melihat semua perilaku kami dan Engkau Maha adil dalam menghitung semua amal perbuatan kami.
Ya Allah, jadikanlah semua ujian yang kami hadapi jalan menuju kemuliaan disisi-Mu. Jadikanlah pendengaran, penglihatan dan kekuatan kami kenikmatan hidup yang Engkau berikan di dunia, dan jadikanlah sebagai pusaka yang kami wariskan bagi generasi penerus.
Ya Allah bimbinglah kami dalam menggunakan pendengaran, penglihatan dan kekuatan untuk beralam shaleh. Janganlah Engkau biarkan kami menyalahgunakan nikmat yang besar ini.
Dari Ibnu Abbas radhiallahu ‘anhuma ia berkata:

فَرَضَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ زَكَاةَ الْفِطْرِ طُهْرَةً لِلصَّائِمِ مِنْ اللَّغْوِ وَالرَّفَثِ وَطُعْمَةً لِلْمَسَاكِيْنِ

“Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam mewajibkan zakat fitrah sebagai penyuci bagi orang yang berpuasa dari perbuatan yang sia-sia dan kata-kata kotor serta sebagai pemberian makanan untuk orang-orang miskin.”

Subscribe to receive free email updates: